Pages

Subscribe:

Sabtu, 28 Desember 2013

Clodi si Popok Modern

Apakah itu Clodi?



Cloth diaper atau sering disebut clodi adalah popok kain modern yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Tidak seperti pendahulunya popok kain tradisional yang lazim dipakai bayi baru lahir dan harus segera diganti apabila bayi pee , clodi telah berevolusi sedemikian rupa dalam hal bahan dan desain sehingga fungsinya amat menyerupai popok sekali pakai (pospak) yang lebih kita kenal dengan istilah "pampers". Clodi merangkum kebaikan dari pospak dan popok kain tradisional, yaitu: bisa tahan menampung beberapa kali pipis seperti halnya pospak, tetapi bisa dicuci dan dipakai ulang seperti halnya popok kain tradisional.


Mengapa memilih Clodi?



Alasan pertama*Ramah Anak ( Efek jangka panjang bagi kesehatan )

 Clodi terbuat dari kain dan berpori sehingga sirkulasi udara terjaga dengan baik. Selain itu, clodi bebas zat - zat kimia berbahaya seperti yang terkandung dalam pospak ( popok sekali pakai ). Apa saja zat - zat kimia berbahaya tersebut?

1. Sodium polyacrylate

    Zat ini bekerja sebagai super absorbent yang hebat karena daya serapnya lebih daro 100 kali beratnya di air. Inilah yang merubah cairan menjadi gel. Diduga bahan ini yang menyebabkan iritasi kulit dan deman.

2. Dioxin

    Zat ini merupakan bahan kimia karsinogik yang terdaftar di EPA sebagai zat paling beracun dan sering dihubungkan dengan semua jenis kangker.Dioxin dihasilkan dari proses produksi pemutihan kertas. Dioxin bersifat persisten (menetap dalam tubuh)

3.Tributyl Tin ( TBT )

    Zat ini selain menyebabkan pencemaran lingkungan juga sangat beracun. Saking beracunnya, zat ini dalam konsentrasi yang sangat kecilpun dapat menyebabkan gangguan hormon serta mengganggu kekebalan tubuh.

 Ginny Caldwell dalam artikelnya berjudul " Diapers, Disposable or Cotton?, menyatakan bahwa kerusakan dalam sistem syaraf pusat, ginjal, dan lever bisa disebabkan oleh bahanbahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam disposable diaper. Bahan kimia yang terdapat dalam pospak yang mampu menyebabkan iritasi tenggorokan antara lain tolune, xylene, ethylbenzene, styrene, dan isopropylbenzene.

 Padai tahun 2000 beberapa peneliti dari Universitas Kiel, Jerman melakukan sebuah riset mengenai Archives of Desease in Childhood yang dimuat dalam British Medical Journal. Penelitian itu menyebutkan bahwa temperatur skortum bayi laki-laki yang memakai pospak mengalami kenaikan beberapa derajat dibanding bayi laki-laki yang tidak memakai pospak. Faktanya, pada laki-laki, suhu skortum harus lebih rendah dari suhu badan untuk menjaga kualitas dan jumlah sperma. Inilah yang menyebabkan fertilitas cenderung menurun.

Statistiknya, jumlah sperma pria Eropa kelahiran 1975 menurun sebanyak 25%. 1975 adalah tahun dimana pospak mulai populer dan digunakan.

 Menurut review studi yang dilakukan Proctor and Gambles ( The Landbank Consultancy Ltd, 191 ) Ruam popok ( rash ) meningkat drastis dari 7,1% menjadi 61% dengan bertambahnya penggunaan pospak


 Alasan kedua*Ramah Lingkungan ( Beban bagi bumi 500 tahun ke depan )

 Info dari realdiaperassociation, bahwa SEBUAH pospak membutuhkan waktu 200-500 TAHUN untuk bisa terurai. Bila seorang bayi memakai pospak, artinya ketika dia, anaknya, cucunya,cicitnya.. dst mati dan jasadnya telah terurai, 1 biji pospak yang pernah dia pakai pun belum hancur oleh tanah.

Memang ada usaha untuk mendaur ulang.. tapi tetap saja upaya daur ulang itu memakan energi yang besar juga. Pospak adalah limbah besar, yang butuh energi besar pula untuk mengolahnya. Sebuah lingkaran setan.

Hitungan kasarnya, jika seorang bayi memakai pospak dalam 2 tahun usianya. Dan dalam sehari dia memakai 3 pcs saja. Berarti..

3 pcs x 365 hari x 2 tahun = 2190 pospak untuk diurai dalam 200-500 tahun ke depan.

Padahal itu hanya hitungan untuk 1 bayi dalam keluarga.Dan kemungkinan besar dalam sehari seorang bayi memakai lebih dari 3 pcs pospak. Belum bayi-bayi lain, belum keturunnannya lagi, belum jika dihitung dalam 1 kota saja. 

Nah, lingkungan seperti apa yang akan kita wariskan pada anan cucu kita nanti???

  
Alasan ketiga*Ramah Dompet ( Penghematan jangka panjang )

 Misal penggunaan pospak selama 1 tahun, seharga 1500, sejumlah 4 buah perhari.Maka perhitungannya menjadi:

365 hari x 4 buah x Rp 1.500,00 = Rp 2.190.000,00

IMurah????eitsss, jangan salah.Karena pada kenyataannya banyak anak yang menggunakan pospak sampai usia 2-3 tahun, popok premium harganya> Rp 1.500,00 / buah, dan penggunaannya seringkali lebih dari >4 buah per hari.

 Sedangkan untuk clodi (sebuah clodi rata-rata bisa dipakai selama 4 jam) maka minimal dibutuhkan sejumlah 12 buah  clodi agar mencukupi. Mari kita buat jumlah aman sebanyak 18 buah. Harga clodi lokal Indonesia dengan kualitas baik, katakanlah seharga Rp 85.000,00 (pada kenyataannya banyak yang harganya mulai dari Rp 55.000,00 s/d yang premium seharga Rp135.000,00).

18 buah x Rp 85.000,00 = Rp 1.530.000,00 .

 Selisihnya cukup significant bukan??? Selain itu Clodi bisa diwariskan ke anak selanjutnya jadi efek penghematannya jadi berlipat ganda.

 Jadi sekarang saatnya mempertimbangkan lagi penggunaan pospak. Demi masa depan si buah hati....demi masa depan bumi. 



Prodak Clodi

Cluebebe Pull Up Pant


Cluebebe pull up pant dengan bentuk celana untuk bayi yang mulai banyak bergerak dan susah di pakaikan popok sambil terlentang, cluebebe tipe ini dapat digunakan baby hingga umur 2 tahun (6-20kg) sehingga mengurangi biaya belanja popok.

Size bisa di sesuaikan karena ada adjustable snap d body cover maupun d karet pinggang. Bahan karet pinggang lembut dan elastis

Fitur Cluebebe Pull Up Pant :
Outer : Polyester PUL yang waterproof sehingga pee tak akan bocor.
Inner : Microfleece lembut dengan sifatnya yang stay dry sehingga mencegah ruam popok & kulit bayi tetap lembut & kering
Insert: Cluebebe pant menyediakan 2 macam insert
1. insert microfiber yang terdiri dari 3 ply microfiber
2. insert combo yaitu kombinasi dari bahan microfiber 3ply dan euycaliptus 2 ply berdaya serap tinggi (300ml)


IDR polos 100.000, tanpa insert eucaliptus 95.000
IDR motif 105.000


SMS order

Ketik Nama_Alamat lengkap_no.hp_order_jumlah kirim ke 081210170731

Pull Up Car

Pull Up Lady Bird

Pull Up Monkey

Pull Up Blue

Pull Up Pink

Pull Up Orange

Pull Up Sheep

0 komentar:

Posting Komentar